LAMPU DUNIA YANG TERSEMBUNYI



Emas permata akan tetap bersinar, meskipun berada di tengah-tengah gurun Sahara yang tertutup pasir. 
Di manapun tempatnya akan mengeluarkan cahaya, dan cahaya itu akan menyinari yang di sekelilingnya.
Ulama' adalah ibarat lampu yang bersinar, meskipun berada di tengah-tengah kaum yang tak mau belajar padanya.

Di manapun tempatnya Ulama' akan selalu membawa kebaikan, dan kebaikan itu akan melahirkan kebaikan yang berada di sekelilingnya. 
Bila lampu tidak bersinar, berarti lampu itu tidak ada setrumnya, atau tidak ada minyaknya.
Bila Ulama' tidak memberikan cahaya kebaikan, berarti Ulama' itu tidak ada setrum atau hubungan dengan Tuhannya.

Jika ada ada Ulama' yang berseberang dengan syari'at, maka diamkan saja, jangan di ikuti, dan tidak boleh di hujat dan tidak di hina, akan tetapi kita harus menghormatinya seperti Ulama' lain.
Ulama' yang berseberangan dengan syari'at, itu di ibaratkan sperti Al-qur'an yang salah cetak, di mana hurufnya ada yang berubah, titiknya juga ada yang salah, jadi bila di baca, maka akan merubah makna dan merusak arti nya. maksudnya Al-qur'an itu gak usah di baca, tapi jangan di hina atau di caci-maki, apapun bentuk-nya kalau mencaci-maki Al-qur'an adalah suatu perbuatan dosa.

Sedangkan Ulama' yang mempunyai jalan Thoriqoh Sufi, ini berbeda lagi, karena Ulama' sufi ini sangat rahasia dan kebanyakan menjadi Waliyullah. Dan juga allah merahasiakan hamba yang kasihinya. bahkan para malaikat dan para nabi, tidak di beri tahu kehidupannya. Terkadang di hadapan masyarakat di remehkan, tetapi allah merahasiakan ketaatannya kepada kaum itu.

Ketika hamba masih hidup banyak melakukan perbuatan jahat, akan tetapi di akhir hayatnya taubat, sehingga taubatnya hamba ini tidak di ketauhui siapapun kecuali allah, maka ini rahasia allah menyembunyikan taubatnya di hadapanmmanusi, agar manusia sadar dan jangan prasangka buruk sesama manusia, meskipun masa hidupnya senang berbuat jahat.

Dalam buku memorinya Imam Muslim (perowi hadist) mengatakan; "Jika di negri ujung barat ada hamba yang meninggal dalan keadaan tidak beriman, sedangkan di negri ujung timur ada seorang Alim sholeh, maka orang alim ini bertanggung jawab atas meninggalnya hamba belum beriman, karena orang alim ini belum menyampaikan dakwahnya kepada hamba yang belum beriman tersebut.
-----------------------
Lek son wong ndeso.